Kamis, Juli 25, 2024

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dari Penyakit Agar Lebih Sehat

Date:

Share post:

JAKARTA, gerbangdesa.com – Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang. Organ ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh. Kedua ginjal menyaring limbah, kelebihan air dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini kemudian disimpan di kandung kemih dan kemudian diekskresikan dalam urin.

 Selain itu, ginjal juga mengatur pH tubuh, kadar garam dan kalium. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan produksi sel darah merah.

Ginjal juga bertanggung jawab mengaktifkan vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsium untuk membangun tulang dan mengatur fungsi otot.

 Menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan karena fungsinya yang sangat penting. Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuh menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon yang membantu tubuh berfungsi dengan baik.

  Tips menjaga kesehatan ginjal

 Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal Anda:       

  •  Kebutuhan air yang cukup

 Minum banyak cairan  membantu ginjal bekerja dengan baik. Jika urin Anda berwarna seperti jerami atau bahkan lebih gelap, itu bisa menjadi tanda dehidrasi. Saat cuaca panas,  bepergian di negara panas atau saat berolahraga berat, Anda juga perlu minum air putih lebih banyak  dari biasanya untuk mengganti cairan yang hilang melalui keringat.

  •  Makan makanan sehat
BACA JUGA:  Rakyat Indonesia Bakal Jadi Kelinci Percobaan Penyebaran Nyamuk Wolbachia

 Diet seimbang  memastikan Anda mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda. Makan banyak buah-buahan dan sayuran dan biji-bijian seperti pasta gandum, roti dan nasi. Hindari makan makanan yang terlalu  asin atau berlemak. Lihat Tekanan Darah

  •  Periksa tekanan darah Anda secara teratur.

Tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala, tetapi dapat meningkatkan risiko masalah ginjal dan jantung. Anda bisa mendapatkan alat pengukur tekanan darah yang sederhana, cepat dan tanpa rasa sakit secara gratis di puskesmas terdekat.

 Jika tekanan darah Anda lebih tinggi dari  seharusnya, dokter keluarga Anda dapat merekomendasikan perubahan gaya hidup atau, jika perlu, meresepkan obat antihipertensi. Tekanan darah  ideal dianggap  90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

  • Jangan merokok atau minum terlalu banyak alkohol
BACA JUGA:  6 Cara Menjaga Pola Tidur Tetap Sehat Selama Puasa

 Cobalah untuk berhenti merokok sepenuhnya dan batasi jumlah alkohol yang Anda konsumsi. Tidak disarankan bagi pria dan wanita untuk secara teratur minum lebih dari 14unit alkohol per minggu. Konsumsi alkohol berlebihan dan merokok meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit ginjal.

  • Menjaga berat badan ideal

 Menjadi terlalu berat atau kelebihan berat badan meningkatkan tekanan darah, yang berbahaya bagi ginjal. Cobalah untuk menjaga berat badan yang sehat dengan tetap aktif dan tidak makan berlebihan.  Indeks massa tubuh (BMI) adalah cara yang berguna untuk memeriksa apakah berat badan Anda sehat. Anda dapat menggunakan kalkulator berat badan yang sehat untuk menghitung BMI Anda. Lakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang setiap minggu, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang, untuk membantu berat badan Anda kembali ke tingkat ideal.

(*/ary)

dilansir dari: halodoc.com

Artikel Lainnya

Pesona Alam Air Terjun Putri Tersembunyi di Tahura Pandeglang – Gerbang Desa

PANDEGLANG, gerbangdesa.com - Kabupaten Pandeglang, Banten tidak hanya terkenal akan potensi wisata pantai saja. Tetapi, kawasan ini juga...

Jelang Ramadan, Presiden Sampaikan Tarif Air Minum PDAM Jangan Naik!

JAKARTA,  gerbangdesa.com – Menjelang bulan suci Ramadan 1444 H pada umumnya barang-barang kebutuhan pokok akan mengalami penaikan secara...

Porprov Kalteng, Kejuaraan Menembak Pegawai Lapas Sampit Raih Juara

SAMPIT, gerbangdesa.com – Prestasi gemilang telah diukir salah seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit, Kantor Wilayah Kementerian...

Kades Terpilih Akan Jalan Kaki Menuju Kantor Bupati Kotim

Kades Terpilih Akan Jalan Kaki Menuju Kantor Bupati Kotim GERBANGDESA.COM, SAMPIT – Pelantikan kepala desa (Kades) terpilih pada Pemilihan...
error: Content is protected !!