Kamis, Juli 25, 2024

Perbaikan Mutu Pembelajaran, SDN 1 Jemaras Gelar ANBK Mandiri

Date:

Share post:

Perbaikan Mutu Pembelajaran, SDN 1 Jemaras Gelar ANBK Mandiri

GERBANGDESA.COM, SAMPIT – Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), terdapat 26 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasyah Ibtidaiyah (MI). Dari 26 sekolah itu salah satunya SDN 1 Jemaras yang menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) mandiri.

“Tahun ini, sekolah kami menggelar ANBK mandiri, ANBK digelar selama dua hari dimulai 30 sampai 31 Oktober 2023,” ucap Kepala SDN 1 Jemaras Andi Irwan Fahruzzain kepada wartawan media siber gerbang desa pada saat diruangan guru dan kepala sekolah, Selasa 31 Oktober 2023.

Dia menjelaskan, ANBK ini diperuntukan hanya untuk murid kelas V dengan tujuan salah satunya perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

BACA JUGA:  3 Objek Wisata di Palangka Raya Dipadati Pengunjung – Gerbangdesa.com

“Mengingat ANBK ini untuk murid kelas V, jadi menyesuaikan jumlah murid yang aktif, di sekolah ini ada 10 murid yang telah mengikuti ANBK,” ujar Andi yang juga sebagai kepala sekolah penggerak SDN 1 Jemaras ini.

Selama dua ANBK, tambahnya, para murid diuji secara online mengenai survei karakter dan literasi, kemudian mengenai numerasi dan survei lingkungan belajar.

“Alhamdulillah, selama dua hari pelaksanaan ANBK mandiri semua berjalan sukses dan lancar, walaupun SDN 1 Jemaras ada satu sekolah yang menumpang ANBK yakni SDS Tunas Bangsa,” pungkasnya.

Sementara itu, Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Cempaga Gunawan membenarkan bahwa SD/MI di kecamatan tersebut secara serentak menggelar ANBK. Hanya saja, menurutnya, tidak semua SD/MI menggadakan ANBK mandiri.

BACA JUGA:  Bunda PAUD Bedah TK Transisi PAUD Ke SD

“Ada lima sekolah dasar negeri yang menggelar ANBK mandiri, sedangkan lainnya menumpang di sekolah lain misalnya, ada menumpang ANBK di SMP dan SMA/SMK yang ada di wilayah kecamatan cempaga,” kata Gunawan yang waktu itu memantau proses ANBK di SDN 1 Jemaras.

Meskipun menumpang untuk melaksanakan ANBK, tambahnya, tetap tidak mengurangi semangat guru maupun peserta didik di sekolah atau madrasyah lainnya untuk mengikuti asesmen nasional tersebut.

“Harapannya, tahun pelajaran 2023/2024 ini setidaknya 50% dari 25 SD/MI di Cempaga mendapatkan bantuan perangkat ANBK supaya bisa melaksanakan ANBK mandiri,” harap Gunawan yang juga pernah menjabat Korwil Disdik Kecamatan Kota Besi ini. (fin)

Artikel Lainnya

Hukum Adat Pelaku Buang Sampah Sembarang Tempat Resmi Diterapkan, Begini Mekanisme Sanksinya

GERBANG DESA – Sanksi hukum adat bagi pelaku pembuang sampah tidak pada tempatnya secara resmi telah diterapkan terhitung...

Penjelasan Gempa 5,8 Magnitudo Yogyakarta Dini Hari

JAKARTA, gerbangdesa.com - Gempa berkekuatan (M) 5,8 yang mengguncang Yogyakarta di Pacitan, Jawa Timur semalam, berasal dari zona...

Dana Reklamasi Pasca Tambang di Kotim Dipertanyakan

Dana Reklamasi Pasca Tambang di Kotim Dipertanyakan GERBANGDESA.COM, SAMPIT – Jumlah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan khususnya di...

Murid SDN 3 MB Hulu Praktik Wirausaha Melalui Gebyar Gelar Karya Siswa

SAMPIT, gerbangdesa.com - Ratusan murid dari kelas 1 sampai kelas 6 SDN 3 Mentawa Baru (MB) Hulu, Kecamatan...
error: Content is protected !!