Kamis, Juli 25, 2024

Ungkap Pilot Susi Air Jika Negosiasi Tidak Terjadi

Date:

Share post:

PABAR, gerbangdesa.com – Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens mengatakan, kelompok kriminal bersenjata (KKB) akan menembaknya jika tidak ada negosiasi dalam dua bulan ke depan.  “Jika ini (negosiasi) tidak terjadi dalam waktu dua bulan, mereka mengatakan akan menembak saya,” kata Mehrtens dalam  video yang dibagikan juru bicara KKB Sebby Sambom, Jumat (26/5), seperti dikutip Reuters.

 Ini adalah penampakan terakhir Mehrtens sejak pemimpin KKB Egianus Kogoya menyandera dia selama tiga bulan pada 7 Februari.

 Dalam video tersebut, Mehrtens terlihat kurus  memegang bendera Bintang Kejora, simbol kemerdekaan Papua Barat. Di sekelilingnya anggota KKB  mengacungkan senapan.  Dalam video terpisah, Rumianus Wandikbo dari Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Papua Merdeka (TPNPB-OPM) meminta negara-negara seperti Selandia Baru, Australia dan  Barat untuk memulai negosiasi dengan Indonesia dan separatis.

BACA JUGA:  2 Kades Diperiksa Kejari Dugaan Selewenangkan Dana Samisade

 “Kami tidak meminta uang. Kami benar-benar menuntut hak kedaulatan kami,” kata Rumianus.

 Mehrtens disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya setelah pesawat yang ditumpanginya diserang dan dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua pada 7 Februari lalu.

  Juru bicara KKB Sebby Sambom mengatakan bulan lalu bahwa  Mehrtens baik-baik saja sebagai sandera. Mehrtens juga mengatakan dalam  video bahwa dia sehat. Dia juga meminta aparat tidak melakukan tindakan kekerasan yang bisa membahayakan dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

BACA JUGA:  4 Pekerja Towes BTS Yang di Tahan KKB Berhasil Dibebaskan

 Tiga bulan setelah disandera, operasi penyelamatan Mehrtens kini mulai dipusatkan di Kabupaten Nduga, Papua, sebelum mencapai Kabupaten Lanny Jaya. 

 Komandan Korem 172/PWY Brigjen  JO Sembiring mengatakan medan di Nduga cukup sulit, meski  pihaknya terus berupaya mencari dan membebaskan  pilot Susi Air tersebut.

 Kementerian Luar Negeri belum mengomentari ancaman penembakan Mehrtens dan permintaan KKB ini.

(*/ary)

dilansir dari: CNN Indonesia

Artikel Lainnya

Inovasi Kades, Sulap Tanah Bengkok Jadi Destinasi Wisata

Majalengka, gerbangdesa.com – Tanah bengkok persawahan yang ada di Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, telah...

Pemerintah Tambahkan Telur dan Daging Ayam Pada Bansos Pangan Mendatang

GERBANGDESA.COM, JAKARTA - Pemerintah akan memberikan bantuan sosial pangan (bansos) berupa daging ayam dan telur kepada 1,4 juta...

Kepala Desa Merangkap Jadi Ustad, Siapakah Dia?

SAMPIT, gerbangdesa.com – Profesi utamanya adalah kepala desa yang hingga kini masih aktif menjabat. Namun, dibalik tugasnya sebagai...

Menteri Perhubungan Imbau Pemudik Lebaran 2023 Manfaatkan Armada Gratis

JAKARTA, gerbangdesa.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi mengimbau pemudik Lebaran tahun 2023 agar tidak menggunakan kendaraan terutama...
error: Content is protected !!