Kamis, Juli 25, 2024

Dulunya Kampung Nelayan Kumuh, Sekarang Dijuluki Desa Terkaya

Date:

Share post:

JATENG, gerbangdesa.com –Provinsi Jawa Tengah (Jateng) terdapat 35 kabupaten/kota dengan jumlah 7.809 desa. Dari ribuan desa tersebut, Desa Bendar, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, dianggap layak dijuluki sebagai desa terkaya.

Desa Bendar berada lebih kurang 3 km ke sebelah tenggara dari pusat ibu kota Kecamatan Juwana. Terletak persis di tepi bagian timur sungai Juwana dan tidak jauh dari pelabuhan dan tempat pelelangan ikan.

Desa Bendar dibentuk sejak 1950-an. Awal didirikan, desa tersebut dikenal sebagai kampung nelayan yang kumuh. Namun seiring dengan berjalannya waktu, desa ini tumbuh menjadi desa yang elit.

BACA JUGA:  Pendamping Lokal Desa di Kotawaringin Timur Masih Kurang

Mayoritas profesi warga Desa Bendar sebagai nelayan. Akan tetapi, meskipun nelayan bukan berarti penghasilan mereka di bawah rata-rata melainkan di atas itu, karena para nelayan di desa tersebut memiliki kapal penangkap ikan yang nilainya ratusan juta rupiah.

Di samping itu, penghasilan penduduk di Desa Bendar antara Rp 80 juta sampai Rp 100 juta per bulan. Jadi, ketika berkunjung ke desa tersebut jangan heran akan mendapatkan pemandangan rumah bertingkat dan mewah di kawasan pesisir.

BACA JUGA:  271 Desa di Blora Siap Gunakan Sistem Keuangan Secara CMS - Gerbangdesa.com

Warga desa memiliki cara tersendiri bagaimana menghasilkan uang. Mereka membuka tempat-tempat usaha seperti warung menyediakan makanan khusus ikan laut. Selain itu,  mereka juga suka berinvestasi saham, sehingga menghasilkan keuntungan bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Di sisi lainnya, Desa Bendar memiliki tradisi menggelar sedekah laut. Tujuannya sebagai wujud syukur kepada Tuhan semesta Alam karena telah dianugerahkan kekayaan laut yang berlimpah. (*/fin)

Berbagai sumber

Artikel Lainnya

Jokowi Tegaskan Untuk Tidak Ekspor Bauksit Mulai 10 Juni 2023

JAKARTA, gerbangdesa.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan larangan ekspor bauksit akan dimulai...

18 Desa Maju di Sultra Dapat Tambahan Dana Desa Rp2,4 Miliar

GERBANGDESA.COM, MUNA BARAT – Sebanyak 18 desa maju di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, mendapat tambahan dana desa...

Labuan Bajo Memiliki Pulau Komodo dan Keindahan Pantai Aduhai

Gerbang Desa, gerbangdesa.com - Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan langsung...

Penyergapan dahsyat Bandar Sabu Sumatera, Intel TNI dikepung 50 orang

SUMUT, gerbangdesa.com - Sebuah kejadian heboh baru-baru ini menimpa seorang prajurit TNI dari Divisi Intelijen Komando Daerah Militer...
error: Content is protected !!