Kamis, Juli 25, 2024

Cara Warga Desa Bagendang Tengah Atasi Banjir Meskipun Rumah Kebanjiran

Date:

Share post:

GERBANGDESA.COM SAMPIT – Banjir di Desa Bagendang Tengah, Kecamatan Mentaya Hilir Utara (MHU) , Kabupaten Kotawaringin TImur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), tidak hanya menenggelamkan ruas jalan utama. Bahkan, ratusan rumah penduduk.

Untuk mengatasi agar tetap berada di dalam rumah meskipun diterjang banjir, warga desa membuat tempat khusus. Cara ini dinilai lebih efektif karena penghuni rumah tetap ada di dalam rumah.

Kepala Desa Bagendang Tengah Untung Sukardi mengatakan, sebagian warganya ada yang menggunakan cara tersebut dengan membuat tempat khusus di dalam rumah sendiri.

BACA JUGA:  Kodim 1015/Sampit Libatkan 150 Personel Sukseskan TMMD Reguler Ke-115 di Tanah Mas

“Tempat khusus itu dibuat di dalam rumah atau bisa disebut tempat bentuknya seperti panggung,” ujarnya kepada wartawan media siber gerbang desa via telepon, Minggu 5 Mei 2024.

Dia menjelaskan, tempat panggung itu menggunakan kayu yang dipaku ke dinding rumah, terutama rumah yang berkonstruksi kayu karena lebih mudah untuk dipaku dari pada rumah beton.

BACA JUGA:  Hanya 2 Desa dan 1 Kelurahan Mewakili Kotim Ke Tingkat Kalteng

“Cara seperti saat ini sebenarnya sudah ada  sejak lama dan hanya digunakan pada saat rumah mengalami kebanjiran,” kata Kades Untung.

Lebih jauh Untung menjelaskan, tempat bentuk seperti panggung itu dianggap hanya sementara. Bahkan, menurutnya, hanya bisa digunakan sebagai tempat tidur. Sedangkan barang di dalam rumah ditempatkan ditempat lebih tinggi dan aman.

“Tempat panggung itu biasanya hanya digunakan sebagai tempat tidur karena tidak terlalu luas,” pungkasnya. (fin/fin)

Artikel Lainnya

Mantan Kadishub Kotim Vonis Bebas, Kuasa Hukum: Kami Kejar NS dan N

GERBANGDESA.COM SAMPIT - Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kotawaringin Timur, Fadliannor, putusan bebas murni dari Pengadilan Tipikor Kejaksaan...

Murid Kelas 6 SDN 9 Baamang Hilir Ikuti Penilaian Sumatif Pengganti UN

SAMPIT, gerbangdesa.com - Sebanyak 35 murid kelas 6 SDN 9 Baamang Hilir, Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim),...

21 Calon BPD di Desa Patai Bersaing Rebut 950 Suara

GERBANGDESA.COM SAMPIT - Pemerintah Desa Patai, Kecamatan Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar pemilihan Badan...

Tergelincir Melewati Jembatan Penghubung Desa Batuah dan Terantang Hilir

GERBANGDESA.COM SAMPIT – Nahas menimpa seorang pengendara sepeda motor merek Yamaha Vixion dengan Nopol KH 3150 LJ, ketika...
error: Content is protected !!