Kamis, Juli 25, 2024

Penipuan Travel Study Tour SMAN21, Sebabkan Kerugian Mencapai 400 juta

Date:

Share post:

BANDUNG, gerbangdesa.com – Kasus penipuan surat IC seorang pekerja tour and travel asal Bandung, Jawa Barat, membuat resah para pelajar SMAN 21 Bandung. Pasalnya, IC diduga menyelewengkan uang Rp 400 juta yang disetor sekolah ke PT Grand Travelling Indonesia (GTI).

 IC merupakan pekerja lepas PT GTI dan menyebabkan keberangkatan siswa dari SMAN 21 Bandung ke Jogjakarta dalam study trip yang dijadwalkan dari 24 Mei 2023 hingga 26 Mei 2023. Kejadian ini ditangani langsung oleh Polrestabes Bandung dan dalam penyelidikan lebih lanjut. 

 1. Pihak sekolah menduga field trip tidak datang

 Kasus penipuan yang dilakukan IC terungkap saat pihak sekolah menyetor Rp 400 juta untuk wisata GTI. Namun hingga hari pemberangkatan dan hari H belum ada tanda-tanda persiapan tour tersebut.

 Pihak sekolah pun curiga dan akhirnya ternyata uang yang disetorkan pihak sekolah digelapkan oleh IC yang seharusnya menjadi tour guide untuk study tour di Yogyakarta ini.

BACA JUGA:  Tabrakan Tak Terhindarkan Kereta Api dan Sebuah Truk Trailer Yang Akibatkan Ledakan

 2. Klub wisata dan perjalanan telah berbicara

 Setelah kejadian ini terungkap, nama tur GTI tiba-tiba menjadi viral. Kasus penipuan yang menggunakan nama mereka dengan cepat diselesaikan selama tur. Jimmy Tanumihardja, tour manager Grand Traveling Indonesia, membeberkan kelalaian pihak sekolah karena pengiriman uang tidak sesuai kontrak.

 “Sekolah membayar uang ke IC. Itu kelalaian. Kenapa sekolah berani membayar IC. Sudah jelas ada letter of intent uang itu harus dikirim ke rekening perusahaan,” kata Jimmy saat dihubungi. Pada Kamis (25/05/2023). 

3. Polrestabes Bandung menangkap koruptor

  Polrestabes Bandung segera melaporkan kejadian ini dan menanganinya. Polrestabes Bandung berhasil menangkap IC di kediamannya di Ciengkrang, Kota Bandung dalam waktu kurang dari 24 jam pada Rabu (24/05/2023) malam.

  IC tersebut langsung diserahkan ke Polrestabe Bandung untuk diperiksa. Dalam pengakuan IC, dia mengungkapkan menggelapkan uang untuk keperluan pribadi.

BACA JUGA:  Seorang Murid Tewas Diduga Karena di Aniaya Pelatih Silatnya

 4. Siswa SMAN 21 Bandung berdemonstrasi di sekolah

 Pengumuman pembatalan wisata yang diumumkan sekolah untuk siswa SMAN 21 Bandung itu baru disampaikan pada Selasa (23/5/2023) malam. Hal ini pun menimbulkan keberatan di kalangan mahasiswa yang kecewa karena tidak ikut ekskursi.

 Mereka juga berbondong-bondong datang ke sekolah dan melakukan protes, membentangkan poster bertuliskan “Bangga kamu 21” dan “Beristirahatlah dengan damai 21” karena frustrasi karena sekolah membatalkan rencana mereka.

  5. Tur itu hanya ditunda, bukan dibatalkan

 Akhirnya, sekolah menyelenggarakan tur. Sehubungan dengan itu, pemberangkatan study trip yang sedianya akan diselenggarakan pada 24-26.05.2023, 14-16.06.2023, ditunda begitu saja. Pihak sekolah pun memilih keputusan ini agar tidak menimbulkan kekecewaan yang mendalam di antara para siswa yang sudah terlanjur membayar biaya perjalanan studi.

(*/ary)

dilansir dari: suara.com

Artikel Lainnya

Bejat, Pelaku Perkosa Mayat Siswi SMP Yang Dibunuh Teman Sekelasnya

JATIM, gerbangdesa.com -Mochammad Adi atau sebelumnya ditulis AD (19) tega memperkosa AE (15) yang sudah tidak bernyawa. Ia...

Diduga Karena Rem Blong Sebabkan Bus MPM Masuk ke Jurang di Sumbar

SUMBAR, gerbangdesa.com - Polisi menyebut tiga belas orang menjadi korban bus yang jatuh ke jurang di Padang, Sumatera...

Menteri Kesehatan Sebut Kasus DBD Capai 120 Ribu Ranking 4

GERBANGDESA.COM JAKARTA – Berdasarkan data yang disampaikan Kementerian Kesehatan yang sudah terserang Demam Berdarah Dengue (DBD) sudah mencapai...

Mal Lippo Bogor Terbakar, Diduga Sumber Api Berasal Dari Gudang Lama

JABAR, gerbangdesa.com - Kebakaran melanda pusat perbelanjaan Lippo Plaza Ekalokasari, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/6/2023) malam. Tidak ada...
error: Content is protected !!