Kamis, Juli 25, 2024

Pengurus BUMDes Barokah Mandiri Targetkan Lima Tahun Jadi Percontohan

Date:

Share post:

SAMPIT, gerbangdesa.com – Pengurus badan usaha milik desa (bumdes) “barokah mandiri” desa parebok, kecamatan teluk sampit, kabupaten kotawaringin timur (kotim), kalimantan tengah (kalteng), masa bakti 2022-2027 telah dilantik dan sekaligus dikukuhkan, 19 november 2022.

Pengukuhan pengurus baru itu disaksikan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kotim, perwakilan Kecamatan Teluk Sampit, pendamping desa, pendamping lokal desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Parebok, Kepala Desa, Sekretaris dan Perangkat Desa Parebok.

Selain itu, pengurus BUMDes Barokah Mandiri lama, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda. Pengukuhan dipusatkan di balai pertemuan desa setempat.

“Kami ucapkan selamat kepada pengurus baru, kami harapkan dalam kinerja dapat membantu BUMDes lebih maju dan menjaga sinergitas dengan berbagai pihak seperti Pemdes, BPD, pendamping desa maupun pendamping lokal desa,” ujar Kepala DPMD Kotim melalui Kepala Seksi Penggerak Swadaya Masyarakat Ahmad Fahmi pada saat sambutan, Sabtu 19 November 2022.

BACA JUGA:  11 Desa di Kota Berjuluk “Sada Kota” Ditetapkan Sebagai Desa Mandiri

Fahmi menilai bahwa BUMDes merupakan tulang punggung usaha ekonomi produktif di desa. Selain itu, lanjutnya, untuk mengembangkan berbagai unit usaha yang berpotensi tidak hanya ada di desa bahkan di luar desa.

“Harapannya, BUMDes dapat berkembang dan bisa membawa kemajuan serta membawa manfaat bagi desa dan masyarakat yang ada di desa,” harapnya.

Sebelum dilakukan pelantikan dan sekaligus pengukuhan, Pemdes Parebok mengadakan Musyawarah Desa (Musdes). Tujuannya, membahas penggantian pengurus lama karena dinilai kurang berkembang. Walaupun, sudah ada upaya pengurus lama untuk mengembangkan unit usaha sesuai dengan program kerja yang sudah dirancang sebelumnya.

Berdasarkan hasil Musdes, terpilih H Achmad Darham sebagai Direktur BUMDes Barokah Mandiri. Untuk mendukung kinerja badan usaha disusun juga pengurus inti lainnya seperti Sekretaris Rina Apriliyanti, Wakil Sekretaris Nur Suci Rahayu, dan Bendahara Syahirin.

Kepala Desa Parebok Indrayoto Saidina Ali mengharapkan, pengurus baru hendak transparan dan bertanggungjawab terhadap amanah yang sudah diembankan terhitung sejak dikukuhkan hingga 2027 mendatang.

BACA JUGA:  Inovasi Desa, Mahasiswa Bikin Makanan Olahan dari Tulang Ikan Lele

“Kami harapkan transparan apapun bentuknya supaya tidak ada kecemburuan sosial di masyarakat, kami harapkan juga jaga amanah yang kami embankan demi kemajuan desa kita tercinta ini melalui berbagai unit usaha yang dikembangkan,” ujarnya.

Direktur BUMDes Barokah Mandiri terpilih H Achmad Darham bersama kepengurusan baru mengaku siap mengembangkan badan usaha tersebut.

“Kami mohon dukungan dan kritikan yang sipatnya membangun, jika ada kekeliruan serta mohon bimbingan semua pihak agar kami mampu mengembangkan dan menjalankan tugas sesuai dengan amanah yang diembankan,” harapnya.

Disamping itu, Darham yang juga menjabat Penjabat Damang Kepala Adat Dayak Kecamatan Mentaya Hilir Selatan ini, mengaku optimistis dengan melihat berbagai pontensi yang ada di desa bisa dikembangkan lebih baik lagi kedepannya.

“Target kedepannya, BUMDes Barokah Mandiri Desa Parebok ini akan menjadi BUMDes percontohan terutama di Bumi Habaring Hurung tercinta ini,” pungkasnya. (fin/fin)

Artikel Lainnya

Warga Binaan Lapas Sampit Gunakan Hak Pilih di 3 TPS

GERBANGDESA.COM SAMPIT – Sebanyak 740 orang terdiri dari 668 narapidana, 70 pegawai, seorang isteri pegawai dan seorang anggota...

Nelayan Jantur Selatan Rintis Produksi Amplang Berbahan Ikan

SAMARINDA, gerbangdesa.com – Warga Desa Jantur Selatan, Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), mayoritasnya...

Dugaan Korupsi BKK, Empat Kades di Bojonegoro Jadi Tersangka

GERBANGDESA.COM SURABAYA – Empat oknum Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan...

Gempa 4,6 SR Getarkan Bangunan Masjid di Desa Sungai Paring

Gempa 4,6 SR Getarkan Bangunan Masjid di Desa Sungai Paring GERBANGDESA.COM, SAMPIT – Gempa bumi berkekuatan 4,6 Skala Ritcher...
error: Content is protected !!