Kamis, Juli 25, 2024

Desa Balansiku Bangun Gedung Walet, Hasilnya Bisa Beli Pikap

Date:

Share post:

GERBANGDESA.COM NUNUKAN – Pemerintah Desa Balansiku, Kecamatan Pulau Sebatik, Kabupaten Kota Sebatik, Kalimantan Utara, membangun sebuah gedung sarang walet. Lokasinya tepat berada di kantor desa setempat.

Gedung walet bertingkat itu dibangun menggunakan dana desa. Bahkan kabarnya telah menghasilkan sarang walet dengan pendapatan sekitar Rp2 jutaan per tiga bulan. Pendapatan itu masuk ke kas desa yang dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Balansiku.

“Gedung sarang walet dibangun tahun 2020 dan telah menghasilkan terhitung sejak operasi tahun 2021. Dari hasil penjualan sarang burung walet tiap tiga bulan sekali sebesar Rp2 juta,” ucap Kepala Desa Balansiku Armansyah dikutip dari kompas, Minggu 28 April 2024.

BACA JUGA:  Pengurus BUMDes Barokah Mandiri Targetkan Lima Tahun Jadi Percontohan

Armansyah menjelaskan, membangun gedung sarang burung walet di area kantor desa itu merupakan ide dari kepala desa terdahulu. Sedangkan dirinya hanya melanjutkan karena saat ini usaha sarang walet sudah menjadi salah satu yang cukup menjanjikan.

Untuk itu, Armansyah akhirnya mengalokasikan Dana Desa sekitar Rp500 juta, untuk membangun gedung sarang burung walet dengan luas sekitar 12×9 meter persegi.

“Ada hasil nyata juga kami nikmati, kantor desa membeli satu unit mobil pikap seharga Rp 153 juta, secara kontan,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Pemerintah Desa Rawa Sari Bangun Gedung Pelayanan Kesehatan Terpadu

Menurutnya, mulai saat ini para pamong Desa Balansiku mencoba memaksimalkan potensi ekonomi yang tengah booming, seperti sarang walet dan rumput laut. Dengan demikian, operasional Desa Balansiku bisa lebih terakomodir, dan mendapat tambahan dana kas desa, yang sewaktu waktu bisa digunakan untuk keperluan warganya.

“Kalau dikalkulasikan seluruh usaha desa yang dikelola Bumdes, kita mendapat kas bersih Rp8 juta per tahun. Itu sudah dibagi ke pengelola, dan menghitung operasional kendaraan dan lainnya,” pungkasnya.

Artikel Lainnya

Posyandu Desa Patai Gelar Lomba Balita Sehat – GerbangDesa.Com

SAMPIT, gerbangdesa.com - Sekitar 100 peserta terdiri dari anak usia 2 bulan sampai 2,5 tahun mengikuti Lomba Balita...

Ancam Kades, LSM di Sulsel Dilaporkan ke Polisi

GERBANGDESA.COM WAJO – Oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) diduga telah melakukan pengancaman...

Kamar Hunian Digeledah, Petugas Lapas Sampit Temukan Handphone

GERBANGDESA.COM SAMPIT – Razia insidentil ke kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan  (WBP), kembali diadakan oleh petugas Lapas Kelas...

Petani Desa Telaga Panen Sorgum, Perusahaan Ini Siap Tampung

GERBANGDESA.COM BULELENG – Sejarah baru bagi petani di Desa Telaga, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng, Bali. Alasannya, mereka merayakan...
error: Content is protected !!