Kamis, Juli 25, 2024

Dugaan Asal Kutip Ayat Suci, 7 Damang Dilaporkan ke Polres Kotim

Date:

Share post:

SAMPIT, gerbangdesa.com – Pengurus Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan (MDAHK) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng) secara resmi telah melapor 7 damang kepala  adat ke Polres Kotim.

Laporan yang langsung diterima Kapolres Kotim AKBP Sarpani didampingi perwira lainnya itu mengenai dugaan adanya penistaan agama, karena dianggap sembarangan mengutip ayat-ayat di kitab suci Panaturan Umat Hindu Kaharingan.

“Atas nama MDAHK Kotim, kami sangat berharap pihak kepolisian menindak tegas 7 damang kepala adat itu supaya tidak lagi mencampur aduk antara agama dan adat,” ucap Yather U Buri, salah seorang perwakilan MDAHK Kotim usai membuat laporan di Polres Kotim, Rabu 12 April 2023.

BACA JUGA:  Judi Sabung Ayam di Sampit Digerebek Polisi, Saksi Mata Dengar Suara Tembakan

Mengutip dari klikkalteng.id, keberatan umat Hindu Kaharingan yang dikuasakan melalui pengurus MDAHK Kotim hingga melaporkan ke Polres Kotim itu, sumbernya ketika sidang Basara Hai. Pada saat sidang itu terungkap bahwa 7 damang kepala adat telah dianggap asal kutip ayat suci.

“Keputusan Basara Hai yang dikeluarkan oleh 7 damang kepala adat ini kami anggap telah memicu gejolak di kalangan umat Hindu Kaharingan. Sebab, hasil keputusan itu terdapat kutipan ayat suci yang ada di kitab Panaturan,” kata Yather tanpa menyebutkan ada berapa ayat suci yang telah dikutip.

BACA JUGA:  Tahanan Diberikan Bantuan Hukum, Bukti Sinergi Lapas Sampit dan Lembaga Hukum

Dijelaskannya, kutipan yang dimasukan dalam putusan sidang Basara Hai merupakan hal yang sakral bagi umat Hindu Kaharingan, karena ayat itu bisa dikutip ketika ada momentum tertentu.

“Kami sangat berharap Kapolres Kotim untuk menindak tegas 7 damang kepala adat karena kami anggap telah melukai hati dan perasaan umat Hindu Kaharingan. Harapan kedepannya, supaya ada efek jera sehingga tidak ada lagi siapapun yang asal kutip ayat suci tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalam ayat tersebut,” tandasnya. (*)

Artikel Lainnya

Daftar Lengkap Usulan Prioritas Desa Babirah ke Musrenbang Pulau Hanaut

GERBANGDESA.COM, SAMPIT – Setelah dibahas dan disepakati bersama melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes), akhirnya Pemerrintah Desa Babirah...

Desa Balansiku Bangun Gedung Walet, Hasilnya Bisa Beli Pikap

GERBANGDESA.COM NUNUKAN – Pemerintah Desa Balansiku, Kecamatan Pulau Sebatik, Kabupaten Kota Sebatik, Kalimantan Utara, membangun sebuah gedung sarang...

Jelang Ramadan, Presiden Sampaikan Tarif Air Minum PDAM Jangan Naik!

JAKARTA,  gerbangdesa.com – Menjelang bulan suci Ramadan 1444 H pada umumnya barang-barang kebutuhan pokok akan mengalami penaikan secara...

Selamat! Kalapas Sampit dan Kepala KPLP Raih Predikat Camlaude Wisuda 2024

GERBANGDESA.COM SAMPIT - Dua orang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkumham Kalteng wisuda bersama di Universitas Palangkaraya Kalimantan...
error: Content is protected !!